Tuban Bumi Wali - The Spirit of Harmony

Artikel

Visi dan Misi

24 Agustus 2016 10:48:28  Admin Desa  6.574 Kali Dibaca 
  • Visi dan Misi

           Untuk meningkatkan semangat dan mencapai wujud kemandirian ekonomi pemerintahan desa, maka pemerintahan desa yang otonom dan demokratis hendaknya memiliki misi dan visi desa.

  • Visi

           Visi adalah gambaran atau cita-cita bersama mengenai masa depan, berupa kesepakatan dan komitmen murni tanpa adanya rasa terpaksa.  Dalam kehidupan  bernegara, visi memainkan peran yang sangat menentukan dalam perubahan lingkungan sehingga pemerintah pada umumnya dapat bergerak maju menuju masa depan yang lebih baik.

Visi desa Simo secara normatif menjadi tanggung jawab Kepala Desa, namun dalam penyusunannya melibatkan segenap warga Simo melalui rangkaian panjang diskusi-diskusi formal dan informal. Visi desa Simo semakin mendapatkan bentuknya bersamaan dengan terlaksananya rangkaian kegiatan dan musyawarah yang dilakukan untuk penyusunan RPJM Desa tahun 2015-2020. Dalam momentum inilah visi desa Simo yang merupakan harapan dan do’a semakin mendekatkan dengan kenyataan yang ada di desa dan masyarakat. Kenyataan dimaksud merupakan potensi, permasalahan, maupun hambatan yang ada di desa dan masyarakatnya, yang ada pada saat ini maupun ke depan.

Bersamaan dengan penetapan RPJM Desa Simo, dirumuskan dan ditetapkan juga Visi desa Simo  sebagai berikut :

 

“ Terwujudnya masyarakat desa Simo yang sejahtera, dinamis dan berwawasan lingkungan menuju desa bernuansa religius dan Unggul Pangan “

           Keberadaan Visi ini merupakan cita-cita yang akan dituju di masa mendatang oleh segenap warga desa Simo. Dengan visi ini diharapkan akan terwujud masyarakat  desa Simo yang sejahtera  dengan hasil pertanian yang melimpah ( unggul pangan ) sehingga bisa mengantarkan kehidupan masyarakat yang dinamis, aman, tentram, bijak dalam mengelola lingkungan serta menerapkan nilai-nilai agama dalam bermasyarakat. Di samping itu, diharapkan juga akan terjadi inovasi pembangunan desa di dalam berbagai bidang utamanya pertanian dan kebudayaan yang ditopang oleh nilai-nilai keagamaan.

 

  • Misi

Misi merupakan tujuan jangka lebih pendek dari visi yang akan menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Dengan kata lain misi desa Simo merupakan penjabaran lebih operatif dari visi.

Untuk terwujudnya visi tersebut ditetapkan lima upaya atau cara atau misi yang akan mendukung pencapaian visi desa Simo. Adapaun misi desa Simo tersebut adalah :

  1. Mewujudkan pemerintahan desa yang bersih, amanah dan transparan serta berorientasi pada optimalisasi pelayanan kepada masyarakat.
  2. Meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat.
  3. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang berbasis iman dan taqwa.
  4. Mewujudkan lingkungan masyarakat yang agamis, bersih, aman, tertib, dan teratur dalam pergaulannya.
  5. Membangun dan meningkatkan hasil pertanian dengan jalan penataan pengairan, perbaikan jalan sawah / jalan usaha tani, pemupukan, dan pola tanam yang baik.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Wilayah Desa

Tuban Adalah Kita

Peta Desa

Agenda

Galeri Foto

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Simo Soko No32 Simo Soko Tuban
Desa : Simo
Kecamatan : Soko
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62372
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:20
    Kemarin:72
    Total Pengunjung:51.374
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.207.106.142
    Browser:Tidak ditemukan