Sejarah Desa

SEJARAH DESA SIMO

Setiap desa pasti memiliki sejarahnya masing-masing. Demikian halnya dengan desa Simo. Sejarah asal muasal desa seringkali kali tertuang dalm dongeng-dongeng yang diwariskan secara turun temurun dan disampaian dari mulut ke mulut. Sehingga sulit dibuktikan kebenaranya secara fakta.

 Dongeng tentang asal muasal desa Simo diantaranya yang paling populer adalah legenda desa Simo yang diperoleh dari cerita turun-temurun yang diwariskan dari orang tua kepada anak. Konon menurut cerita leluhur penduduk desa Simo, “ kata Simo ” beasal daricerita adanya binatang “ Macan “ ( Harimau) yang muncuk di Desa. “ Macan “ yang muncul di desa Simo adayang mengatakan itumacan sungguhan dan ada pula yang mengatakan itu hewan jadi-jadian yang sengaja diciptakan seseorang untuk mengganggu kesejahteraan masyarakat. Dengan datangnya “ Macan “ yang tiba-tiba dan sangat besar tersebut menjadikan penduduk menjadi gusar dan takut. Macan itu berusaha diusir penduduk tetapi tidak mau pergi juga. Syahdan adalah penduduk desa yang katanya sakti mandra guna atau dikatakan sebsgai pendekar pada waktu itu, dia melawan dan bertarung dengan “ Macan “ tersebut. Pada akhirnya “ Macan “ tersebut dapat dikalahkan oleh orang tersebut.

Walaupun telah kalah, tetapi “ Macan “ tersebut tidak mau pergi juga, tetapi dia malah mengabdi ( menjadi piaraan ) oleh orang sakti tersebut. Kemanapun pergi, orang sakti itu menaiki “Macan “ yang telah dikalahkanya. Karena kejadian yang oleh masyarakat tersebut dianggap anehdan tak masuk akal, maka desa tempat orang sakti yang mengalahkan dan menunggangi “ Macan “ kemanapun pergi menjadi terkenal. Dan untuk memudahkan mengingat tempat tersebut, oleh masyarakat setempat diberi nama SIMO, dalam bahasa Jawa “ Macan “ atau harimau.

         Sejarah Pemerintahan Desa

          Sejarah pemerintahan Desa Simo tidak dapat diketahui secara lengkap dan jelas. Dari semua tetua-tetua atau pelaku sejarah desa yang ada di desa Simo tidak ada yang mengetahui persis kapan keberadaan desa Simo pertama kali dan siapa yang menjadi kepala pemerintahanya. Secara pasti tetua desa mengakui semua bahwa sebelum tahun 1911 desa sudah ada dan sudah beberapa kali terjadi pergantian kepala pemerintahan 2 sampai 3 kali. Satu kali periode waktu itu pun juga tidak ada yang tehu persis berapa lama tahun pergantianya.Selain itu peninggalan-peninggalan sejarah di wilayah desa juda tidak ada yang mendukung, begitu juga tidak adanya dokumen-dokumen yang menjelaskan keberadaan pemerintahan sebelum tahun 1911. Oleh karena itu dalam sejarah pemerintahan desa Simo, hanya dapat ditelusuri oleh desa sejak tahun 1911. Adapun sejarah pemerintahan desa Simo adalah sebagai berikut :

 

Periode 1       : Demang Simo (Tidak diketahui secara pasti nama dan tahunnya)

Periode 2       : Demang Simo (Tidak diketahui secara pasti nama dan tahunnya)

Periode 3               : Kromojoyo                    ( Tahun 1811 s/d 1911 )

Periode 4               : Honggorejo                   ( Tahun 1911 s/d 1970 )

Periode 5 s/d 6     :  Istaji                            ( Tahun 1970 s/d 1986 )

Periode 7               : Sukadar                       ( Tahun 1986 s/d 1992 )

Periode 8               : Mudhofar                     ( Tahun 1992 s/d 2000 )

Periode 9               : Maksum                       ( Tahun 2000 s/d 2007 )

Periode 10             : Drs. Tasmo                   ( Tahun 2007 s/d 2013 )

Periode 11             : Ahmad Hadi                 ( Tahun 2014 s/d 2020 )

 

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)